Peta Wisata Dieng 2018: Mencari Destinasi Liburan yang Menarik

Posted on

Dieng adalah salah satu kawasan wisata yang terkenal di Indonesia. Terletak di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, kawasan ini menyajikan panorama alam yang sangat indah dengan udara yang sejuk dan segar. Selain itu, Dieng juga memiliki sejarah dan budaya yang unik, membuatnya menjadi destinasi liburan yang menarik untuk dikunjungi. Jika Anda berencana untuk mengunjungi Dieng pada tahun 2018, berikut adalah peta wisata Dieng 2018 yang dapat membantu Anda mencari destinasi liburan yang menarik.

1. Candi Arjuna

Candi Arjuna merupakan salah satu situs sejarah yang terdapat di Dataran Tinggi Dieng. Candi ini dibangun pada abad ke-7 Masehi dan menjadi bukti kejayaan Kerajaan Sanjaya. Candi Arjuna terletak di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut dan menawarkan panorama alam yang indah. Selain itu, di sekitar Candi Arjuna terdapat beberapa candi lainnya seperti Candi Gatotkaca, Candi Dwarawati, dan Candi Semar.

2. Kawah Sikidang

Jika Anda ingin merasakan sensasi berada di kawah gunung berapi, maka Kawah Sikidang adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Kawah Sikidang terletak di lereng Gunung Prau dan masih aktif hingga saat ini. Di kawah ini Anda dapat melihat belerang yang mengeluarkan asap putih, serta mendengar suara gelembung belerang yang memecah di permukaan air.

3. Telaga Warna

Telaga Warna merupakan sebuah danau yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Danau ini memiliki warna yang berbeda-beda tergantung pada cahaya matahari yang memantul ke permukaannya. Warna-warna yang ditampilkan oleh danau ini sangat indah dan menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang berkunjung ke Dieng.

4. Gua Jaran

Jika Anda suka berpetualang, maka Gua Jaran bisa menjadi destinasi yang menarik bagi Anda. Gua Jaran terletak di bawah Bukit Sikunir dan memiliki panjang sekitar 200 meter. Di dalam gua ini terdapat berbagai stalaktit dan stalakmit yang terbentuk dari batuan kapur. Selain itu, di dalam gua ini juga terdapat air terjun kecil yang menambah keindahan gua.

Wisata Lainnya:  Wisata Lumpur Lapindo: Menikmati Keindahan Lumpur Lapindo

5. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika Anda berkunjung ke Dieng. Bukit ini terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang sangat indah. Anda dapat naik ke puncak bukit pada pagi hari dan menikmati pemandangan matahari terbit yang memukau. Selain itu, dari puncak bukit Anda juga dapat melihat panorama alam Dieng yang sangat indah.

6. Bukit Dieng

Bukit Dieng juga merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi jika Anda berkunjung ke Dieng. Bukit ini terletak di sebelah utara Dataran Tinggi Dieng dan menawarkan panorama alam yang indah. Di sini Anda dapat melihat hamparan sawah yang hijau, perbukitan yang menghijau, serta beberapa desa yang terletak di sekitar bukit.

7. Candi Bima

Candi Bima merupakan salah satu situs sejarah yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Candi ini dibangun pada abad ke-7 Masehi dan merupakan salah satu dari beberapa candi yang terdapat di Dieng. Candi ini memiliki arsitektur yang unik dan menjadi salah satu bukti kejayaan Kerajaan Sanjaya. Selain itu, di sekitar Candi Bima juga terdapat beberapa candi lainnya seperti Candi Gatotkaca, Candi Arjuna, dan Candi Semar.

8. Candi Semar

Candi Semar merupakan salah satu situs sejarah yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Candi ini dibangun pada abad ke-7 Masehi dan merupakan salah satu dari beberapa candi yang terdapat di Dieng. Candi ini memiliki arsitektur yang unik dan menjadi salah satu bukti kejayaan Kerajaan Sanjaya. Selain itu, di sekitar Candi Semar juga terdapat beberapa candi lainnya seperti Candi Gatotkaca, Candi Arjuna, dan Candi Bima.

9. Candi Gatotkaca

Candi Gatotkaca merupakan salah satu situs sejarah yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Candi ini dibangun pada abad ke-7 Masehi dan merupakan salah satu dari beberapa candi yang terdapat di Dieng. Candi ini memiliki arsitektur yang unik dan menjadi salah satu bukti kejayaan Kerajaan Sanjaya. Selain itu, di sekitar Candi Gatotkaca juga terdapat beberapa candi lainnya seperti Candi Semar, Candi Arjuna, dan Candi Bima.

10. Museum Dieng Plateau

Museum Dieng Plateau adalah sebuah museum yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Museum ini menyajikan informasi tentang sejarah, budaya, dan kehidupan masyarakat Dieng. Di museum ini Anda dapat melihat berbagai artefak, foto, dan informasi yang terkait dengan Dieng. Selain itu, museum ini juga menyediakan panduan wisata yang dapat membantu Anda dalam menjelajahi Dieng.

Wisata Lainnya:  Legenda Wisata Zona Van Gogh

11. Telaga Merdada

Telaga Merdada adalah sebuah danau yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Danau ini memiliki air yang jernih dan segar serta dikelilingi oleh hutan pinus yang hijau. Di sekitar danau ini juga terdapat beberapa tempat untuk berkemah dan bersantai sambil menikmati panorama alam Dieng.

12. Telaga Menjer

Telaga Menjer adalah sebuah danau yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Danau ini memiliki air yang jernih dan segar serta dikelilingi oleh hutan pinus yang hijau. Di sekitar danau ini juga terdapat beberapa tempat untuk berkemah dan bersantai sambil menikmati panorama alam Dieng.

13. Telaga Dringo

Telaga Dringo adalah sebuah danau yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Danau ini memiliki air yang jernih dan segar serta dikelilingi oleh hutan pinus yang hijau. Di sekitar danau ini juga terdapat beberapa tempat untuk berkemah dan bersantai sambil menikmati panorama alam Dieng.

14. Kebun Teh Tambi

Kebun Teh Tambi merupakan sebuah kebun teh yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Kebun teh ini memiliki panorama alam yang sangat indah dengan hamparan perkebunan teh yang hijau. Di sini Anda dapat mengunjungi pabrik pengolahan teh dan mempelajari proses pembuatan teh dari mulai pemetikan hingga pengolahan menjadi teh siap minum.

15. Kebun Stroberi

Kebun Stroberi merupakan sebuah kebun yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Kebun ini terkenal dengan produksi stroberinya yang berkualitas tinggi. Di sini Anda dapat memetik stroberi sendiri dan menikmatinya langsung di kebun. Selain itu, di sini Anda juga dapat membeli aneka produk olahan stroberi seperti selai, sirup, dan jus stroberi.

16. Air Terjun Banyu Wana Amertha

Air Terjun Banyu Wana Amertha merupakan sebuah air terjun yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan memiliki air yang jernih serta segar. Di sekitar air terjun ini terdapat beberapa tempat untuk bersantai sambil menikmati panorama alam Dieng yang indah.

17. Curug Gembong

Curug Gembong adalah sebuah air terjun yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki air yang jernih serta segar. Di sekitar air terjun ini terdapat beberapa tempat untuk bersantai sambil menikmati panorama alam Dieng yang indah.

18. Curug Bening

Curug Bening adalah sebuah air terjun yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan memiliki air yang jernih serta segar. Di sekitar air terjun ini terdapat beberapa tempat untuk bersantai sambil menikmati panorama alam Dieng yang indah.

Wisata Lainnya:  Wisata Halal di Indonesia: Menikmati Keindahan Tanpa Khawatir Makanan Haram

19. Bukit Merbabu

Bukit Merbabu adalah sebuah bukit yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Bukit ini memiliki panorama alam yang indah dengan hamparan perkebunan teh yang hijau. Di sini Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati panorama alam Dieng yang indah.

20. Bukit Batu Pandang

Bukit Batu Pandang adalah sebuah bukit yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Bukit ini memiliki panorama alam yang indah dengan hamparan perkebunan teh yang hijau. Di sini Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati panorama alam Dieng yang indah.

21. Bukit Pangilon

Bukit Pangilon adalah sebuah bukit yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Bukit ini memiliki panorama alam yang indah dengan hamparan perkebunan teh yang hijau. Di sini Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati panorama alam Dieng yang indah.

22. Bukit Sikat

Bukit Sikat adalah sebuah bukit yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Bukit ini memiliki panorama alam yang indah dengan hamparan perkebunan teh yang hijau. Di sini Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati panorama alam Dieng yang indah.

23. Bukit Prambanan

Bukit Prambanan adalah sebuah bukit yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Bukit ini memiliki panorama alam yang indah dengan hamparan perkebunan teh yang hijau. Di sini Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati panorama alam Dieng yang indah.

24. Bukit Seroja

Bukit Seroja adalah sebuah bukit yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Bukit ini memiliki panorama alam yang indah dengan hamparan perkebunan teh yang hijau. Di sini Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati panorama alam Dieng yang indah.

25. Bukit Menjer

Bukit Menjer adalah sebuah bukit yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Bukit ini memiliki panorama alam yang indah dengan hamparan perkebunan teh yang hijau. Di sini Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati panorama alam Dieng yang indah.

26. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan adalah sebuah bukit yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Bukit ini memiliki panorama alam yang indah dengan hamparan perkebunan teh yang hijau. Di sini Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati panorama alam Dieng yang indah.

27. Bukit Tinggi

Bukit Tinggi adalah sebuah bukit yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Bukit ini memiliki panorama alam yang indah dengan hamparan perkebunan teh yang hijau. Di sini Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati panorama alam Dieng yang indah.

28.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *