OOTD Hijab di Tempat Wisata: Tips Berbusana yang Nyaman dan Stylish

Posted on

Bagi sebagian orang, traveling merupakan kegiatan yang menyenangkan. Selain dapat menambah pengalaman dan memperluas wawasan, traveling juga dapat menjadi momen untuk beristirahat dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Namun, bagi sebagian orang, merencanakan busana yang tepat untuk traveling kadang menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi para hijabers.

1. Pilih Bahan yang Nyaman

Saat memilih busana untuk traveling, tentu saja kenyamanan menjadi hal yang utama. Pilihlah bahan yang nyaman dan tidak membuat Anda merasa gerah saat beraktivitas di tempat wisata. Misalnya, pilih bahan katun atau linen yang ringan dan mudah menyerap keringat.

2. Sesuaikan dengan Cuaca dan Lokasi

Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi cuaca dan lokasi tujuan traveling Anda. Jika cuaca panas, pilihlah busana yang berbahan ringan dan berwarna terang. Jika cuaca sedang dingin, gunakan busana yang lebih tebal dan berlapis-lapis. Selain itu, sesuaikan juga busana dengan jenis tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Misalnya, jika akan berkunjung ke pantai, pilihlah busana yang lebih santai dan tidak terlalu formal.

3. Gunakan Aksesoris yang Tepat

Aksesoris dapat menjadi pelengkap busana yang dapat membuat penampilan Anda semakin menarik. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan aksesoris. Gunakan aksesoris yang sederhana dan sesuai dengan tema busana yang Anda kenakan. Misalnya, jika Anda mengenakan busana dengan warna yang netral, gunakan aksesoris berwarna cerah untuk memberikan sentuhan warna pada penampilan Anda.

Wisata Lainnya:  Wisata Susu Batu: Menikmati Keindahan Alam dan Susu Segar

4. Hindari Busana yang Terlalu Ketat

Gunakan busana yang pas di tubuh Anda, namun hindari busana yang terlalu ketat atau membentuk tubuh. Selain tidak nyaman, busana yang terlalu ketat juga dapat membuat Anda tidak leluasa dalam bergerak dan beraktivitas.

5. Pilih Warna yang Cerah dan Ceria

Gunakan busana dengan warna-warna cerah dan ceria untuk memberikan kesan yang lebih fresh dan playful. Warna-warna seperti pink, kuning, atau biru muda dapat membuat penampilan Anda semakin menarik dan cocok untuk dijadikan outfit untuk traveling.

6. Padukan dengan Hijab yang Tepat

Padukan busana Anda dengan hijab yang tepat. Gunakan hijab yang mudah dipakai dan tidak mudah lepas saat beraktivitas. Pilihlah hijab dengan bahan yang nyaman dan sesuai dengan tema busana Anda. Misalnya, jika Anda mengenakan busana dengan tema floral, gunakan hijab dengan motif yang senada atau warna yang serasi.

7. Pakai Sepatu yang Nyaman

Pilihlah sepatu yang nyaman dan sesuai dengan jenis tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Jika sedang berada di pantai, gunakan sandal atau sepatu yang bisa digunakan di air. Namun, jika akan berkunjung ke tempat wisata yang membutuhkan aktivitas yang lebih berat, gunakan sepatu yang lebih kokoh dan nyaman.

8. Gunakan Tas yang Praktis

Gunakan tas yang praktis dan mudah dibawa saat traveling. Pilihlah tas yang muat untuk membawa perlengkapan penting seperti kamera, power bank, dan benda-benda lainnya yang diperlukan saat traveling. Namun, hindari tas yang terlalu besar dan berat, sehingga tidak mengganggu aktivitas Anda saat berwisata.

9. Pilih Busana yang Mudah di Mix and Match

Pilihlah busana yang mudah di mix and match dengan busana lainnya. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengganti busana saat traveling, terutama jika Anda akan berada di tempat wisata selama beberapa hari. Misalnya, pilihlah busana dengan warna yang netral dan mudah dipadukan dengan busana lainnya.

10. Gunakan Sunscreen dan Lip Balm

Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen saat traveling, terutama jika akan berkunjung ke tempat wisata yang terkenal dengan sinar matahari yang cukup terik. Selain itu, gunakan juga lip balm untuk menjaga kelembapan bibir Anda dari efek buruk sinar matahari.

Wisata Lainnya:  Cottage Wisata Paiton

11. Pilih Busana yang Mudah Dibersihkan

Pilihlah busana yang mudah dibersihkan saat traveling. Hal ini akan memudahkan Anda dalam merawat busana Anda selama dalam perjalanan. Misalnya, pilihlah busana yang dapat dicuci dengan mudah dan cepat kering.

12. Gunakan Busana yang Menyatu dengan Lingkungan

Pilihlah busana yang menyatu dengan lingkungan sekitar. Misalnya, jika akan berkunjung ke tempat wisata alam, pilihlah busana dengan motif atau warna yang sesuai dengan alam sekitar. Hal ini akan membuat penampilan Anda semakin cocok dan tidak terlalu mencolok.

13. Padukan Busana dengan Jaket atau Cardigan

Padukan busana Anda dengan jaket atau cardigan saat cuaca sedang dingin atau saat sedang berada di tempat yang memiliki suhu yang rendah. Pilihlah jaket atau cardigan yang mudah dipadukan dengan busana yang Anda kenakan.

14. Gunakan Busana yang Sesuai dengan Aktivitas

Sesuaikan busana Anda dengan aktivitas yang akan Anda lakukan saat traveling. Jika akan melakukan aktivitas yang cukup berat, seperti hiking atau trekking, gunakan busana yang lebih santai dan mudah digunakan saat beraktivitas.

15. Pilih Busana yang Tidak Terlalu Ribet

Hindari busana yang terlalu ribet dan sulit digunakan saat traveling. Pilihlah busana yang mudah dipakai dan tidak memakan waktu yang lama dalam berbusana. Hal ini akan memudahkan Anda dalam beraktivitas saat traveling.

16. Gunakan Busana yang Kondisinya Tetap Terjaga

Pilihlah busana yang kondisinya tetap terjaga saat dalam perjalanan. Misalnya, hindari busana yang mudah kusut atau cepat melar saat digunakan. Hal ini akan membuat penampilan Anda tetap terlihat rapi dan menarik saat traveling.

17. Padukan Busana dengan Kacamata dan Topi

Padukan busana Anda dengan kacamata dan topi saat traveling. Selain melindungi Anda dari sinar matahari, kacamata dan topi juga dapat menjadi aksesoris yang membuat penampilan Anda semakin menarik.

18. Pilih Busana yang Tidak Membuat Anda Tertekan

Pilihlah busana yang tidak membuat Anda tertekan saat traveling. Hindari busana yang terlalu formal atau terlalu mencolok yang dapat membuat Anda merasa tidak nyaman saat beraktivitas di tempat wisata.

19. Gunakan Busana yang Mudah Dipindahkan

Pilihlah busana yang mudah dipindahkan saat dalam perjalanan. Misalnya, pilihlah busana yang mudah dilipat dan tidak memakan banyak tempat dalam tas.

20. Gunakan Busana yang Sesuai dengan Selera dan Gaya

Pilihlah busana yang sesuai dengan selera dan gaya Anda. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih percaya diri saat traveling.

21. Pilih Busana yang Cocok dengan Warna Kulit

Pilihlah busana yang cocok dengan warna kulit Anda. Misalnya, jika kulit Anda cenderung gelap, pilihlah busana dengan warna-warna terang seperti kuning atau pink untuk memberikan kesan cerah pada penampilan Anda.

Wisata Lainnya:  Wisata Pacitan Selain Pantai: Menikmati Atraksi Wisata Lain di Pacitan

22. Padukan Busana dengan Scarf atau Shawl

Padukan busana Anda dengan scarf atau shawl untuk memberikan sentuhan yang berbeda pada penampilan Anda. Pilihlah scarf atau shawl yang sesuai dengan tema busana yang Anda kenakan.

23. Hindari Busana yang Terlalu Berisik

Hindari busana yang terlalu berisik saat Anda beraktivitas di tempat wisata. Misalnya, hindari busana yang terlalu banyak menggunakan kancing atau aksesori yang dapat membuat suara yang mengganggu.

24. Gunakan Busana yang Tidak Membuat Anda Mudah Lelah

Pilihlah busana yang tidak membuat Anda mudah lelah saat traveling. Hindari busana yang terlalu berat atau terlalu panas sehingga membuat Anda tidak nyaman saat beraktivitas.

25. Pilih Busana yang Sesuai dengan Budget

Pilihlah busana yang sesuai dengan budget Anda saat traveling. Hindari membeli busana yang terlalu mahal dan tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

26. Padukan Busana dengan Tas Ransel

Padukan busana Anda dengan tas ransel saat traveling. Tas ransel dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membawa perlengkapan penting Anda saat traveling.

27. Gunakan Busana yang Tidak Terlalu Panjang

Hindari busana yang terlalu panjang saat traveling. Pilihlah busana yang sesuai dengan panjang tubuh Anda dan tidak mengganggu aktivitas Anda saat berwisata.

28. Pilih Busana yang Mudah Dipasangkan dengan Sepatu

Pilihlah busana yang mudah dipasangkan dengan sepatu. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memilih sepatu yang sesuai dengan busana Anda saat traveling.

29. Hindari Busana yang Terlalu Terbuka

Hindari busana yang terlalu terbuka saat traveling, terutama jika akan berkunjung ke tempat wisata yang memiliki aturan tertentu terkait pakaian. Pilihlah busana yang tetap sopan dan sesuai dengan aturan yang berlaku di tempat wisata tersebut.

30. Padukan Busana dengan Pashmina

Padukan busana Anda dengan pashmina untuk memberikan sentuhan yang berbeda pada penampilan Anda. Pilihlah pashmina yang sesuai dengan tema busana yang Anda kenakan.

Kesimpulan

Berbusana saat traveling memang bukan hal yang mudah, terutama bagi para hijabers. Namun, dengan memperhatikan beberapa tips di atas, Anda dapat tetap tampil nyaman dan stylish saat berwisata. Pilihlah busana yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda, serta jangan lupa untuk memperhatikan kondisi cuaca dan jenis tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Selamat berwisata!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *