Obyek Wisata Kediri Jatim: Wisata Alam dan Sejarah yang Menawan

Posted on

Kediri, sebuah kota kecil di Jawa Timur yang terkenal dengan wisata alam dan sejarahnya yang menawan. Terdapat banyak obyek wisata di Kediri yang dapat menjadi pilihan liburan Anda bersama keluarga atau teman-teman. Berikut adalah beberapa obyek wisata yang dapat Anda kunjungi di Kediri.

Pantai Papuma

Pantai Papuma merupakan salah satu pantai yang terkenal di Kediri. Pantai ini terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, sekitar 45 km dari pusat kota Kediri. Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang bersih dan air laut yang jernih. Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas di pantai ini seperti berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai menikmati keindahan alam.

Candi Penataran

Candi Penataran merupakan candi Hindu-Buddha yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, sekitar 10 km dari pusat kota Kediri. Candi ini merupakan salah satu candi terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 10.000 meter persegi dan memiliki beberapa relief yang menggambarkan kehidupan pada masa lampau.

Wisata Lainnya:  Wisata Mobil VW Borobudur: Menyusuri Keindahan Budaya Indonesia dengan Mobil Klasik

Taman Wisata Alam Lembah Dieng

Taman Wisata Alam Lembah Dieng merupakan obyek wisata alam yang terletak di Desa Dieng, Kecamatan Puncu, sekitar 25 km dari pusat kota Kediri. Taman ini memiliki keindahan alam yang menawan dengan pemandangan perbukitan yang hijau, air terjun yang indah, dan udara yang sejuk. Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas di taman ini seperti camping, trekking, atau sekadar menikmati keindahan alam.

Candi Kedaton

Candi Kedaton merupakan candi Hindu yang terletak di Desa Kedaton, Kecamatan Mojo, sekitar 6 km dari pusat kota Kediri. Candi ini memiliki keindahan arsitektur yang khas dengan ornamen-ornamen yang cantik. Selain itu, candi ini juga memiliki sejarah yang menarik karena pernah menjadi pusat kekuasaan pada masa Kerajaan Kediri.

Museum Pangeran Diponegoro

Museum Pangeran Diponegoro merupakan museum yang terletak di Jalan Diponegoro, Kediri. Museum ini didirikan untuk mengenang perjuangan Pangeran Diponegoro dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Di museum ini Anda dapat melihat koleksi benda-benda bersejarah seperti senjata, pakaian, dan foto-foto Pangeran Diponegoro.

Wisata Lainnya:  Cinangneng Wisata - A Hidden Gem in Indonesia

Goa Maria Kerep

Goa Maria Kerep merupakan tempat ziarah yang terletak di Desa Kerep, Kecamatan Plemahan, sekitar 18 km dari pusat kota Kediri. Tempat ini terkenal dengan keindahan goa yang alami dan kapel yang indah. Di tempat ini Anda dapat melakukan kegiatan ziarah atau sekadar menikmati keindahan alam yang menawan.

Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut merupakan air terjun yang terletak di Desa Kedungdowo, Kecamatan Kepung, sekitar 25 km dari pusat kota Kediri. Air terjun ini memiliki keindahan alam yang menawan dengan air terjun yang tinggi dan airnya yang jernih. Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas di air terjun ini seperti berenang atau sekadar bersantai menikmati keindahan alam.

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan pantai yang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, sekitar 60 km dari pusat kota Kediri. Pantai ini terkenal dengan keindahan alam yang menawan dengan pasir putihnya yang bersih dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah dengan adanya beberapa pulau kecil di sekitar pantai.

Wisata Lainnya:  Wisata Sungai Jogja - Menikmati Keindahan Sungai di Kota Yogyakarta

Wisata Religi

Kediri juga memiliki obyek wisata religi yang dapat Anda kunjungi. Salah satunya adalah Makam Sunan Kudus yang terletak di Desa Kudus, Kecamatan Pare, sekitar 12 km dari pusat kota Kediri. Di tempat ini Anda dapat melakukan kegiatan ziarah atau sekadar menikmati keindahan arsitektur bangunan.

Demikianlah beberapa obyek wisata yang dapat Anda kunjungi di Kediri. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam merencanakan liburan bersama keluarga atau teman-teman. Selamat berlibur!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *