Menjelajahi Tempat Wisata di Pacitan Selain Pantai

Posted on

Pacitan memang terkenal dengan pantainya yang indah dan menawan. Namun, selain pantai, Pacitan juga memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Pacitan selain pantai yang bisa Anda kunjungi.

1. Goa Gong

Goa Gong merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Pacitan. Goa ini terkenal dengan stalaktit dan stalakmitnya yang indah. Selain itu, Goa Gong juga memiliki keunikan lainnya, yaitu suara gemericik air yang terdengar seperti gong jika dipukul.

Untuk masuk ke dalam Goa Gong, Anda akan melewati jalan setapak yang menanjak. Namun, perjalanan yang melelahkan tersebut akan terbayar dengan pemandangan indah di dalam goa.

2. Telaga Ngebel

Tempat wisata selanjutnya adalah Telaga Ngebel. Telaga ini memiliki luas sekitar 17 hektar dan dikelilingi oleh perbukitan yang hijau. Selain itu, Telaga Ngebel juga memiliki air yang jernih dan segar.

Di sekitar Telaga Ngebel, Anda juga bisa menemukan sejumlah tempat yang menarik untuk dijelajahi, seperti air terjun dan hutan pinus yang hijau dan rimbun.

3. Bukit Kapur

Bukit Kapur terletak di Desa Gudang, Pacitan. Tempat wisata ini memiliki pemandangan yang indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Dari atas Bukit Kapur, Anda bisa melihat hamparan sawah yang hijau dan perbukitan yang menjulang tinggi.

Wisata Lainnya:  Wisata Kelor: Nikmati Keindahan Alam Indonesia dengan Berwisata ke Kelompok Kelor

Untuk mencapai puncak Bukit Kapur, Anda akan melewati jalan setapak yang cukup menantang. Namun, pemandangan yang indah di atas Bukit Kapur akan membuat perjalanan Anda terbayar dengan sempurna.

4. Air Terjun Klayar

Air Terjun Klayar terletak di Pantai Klayar, Pacitan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi. Selain itu, Air Terjun Klayar juga memiliki air yang jernih dan segar.

Di sekitar Air Terjun Klayar, Anda juga bisa menemukan sejumlah tempat yang menarik untuk dijelajahi, seperti bebatuan karang yang unik dan pantai yang indah.

5. Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu merupakan salah satu candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di Desa Sumbergempol, Pacitan. Candi ini memiliki keunikan arsitektur yang berbeda dengan candi-candi lainnya di Indonesia.

Di sekitar Candi Bajang Ratu, Anda juga bisa menemukan sejumlah peninggalan sejarah lainnya, seperti makam-makam kuno dan bangunan-bangunan peninggalan Kerajaan Majapahit.

6. Gunung Liang

Gunung Liang terletak di Desa Ngrayun, Pacitan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.350 meter di atas permukaan laut. Dari atas Gunung Liang, Anda bisa melihat pemandangan yang indah, seperti hamparan sawah dan perbukitan yang hijau.

Wisata Lainnya:  Pasar Modern Grand Wisata: Tempat Belanja Terlengkap di Bekasi

Untuk mencapai puncak Gunung Liang, Anda akan melewati jalan setapak yang cukup menantang. Namun, pemandangan yang indah di atas Gunung Liang akan membuat perjalanan Anda terbayar dengan sempurna.

7. Bendungan Selorejo

Bendungan Selorejo terletak di Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Bendungan ini memiliki luas sekitar 2.800 hektar dan dikelilingi oleh perbukitan yang hijau. Selain itu, Bendungan Selorejo juga memiliki air yang jernih dan segar.

Di sekitar Bendungan Selorejo, Anda juga bisa menemukan sejumlah tempat yang menarik untuk dijelajahi, seperti air terjun dan hutan pinus yang hijau dan rimbun.

8. Goa Tabuhan

Goa Tabuhan terletak di Kecamatan Punung, Pacitan. Goa ini memiliki keunikan arsitektur yang berbeda dengan goa-goa lainnya di Indonesia. Di dalam goa, Anda bisa melihat stalaktit dan stalakmit yang indah.

Untuk masuk ke dalam Goa Tabuhan, Anda akan melewati jalan setapak yang menanjak. Namun, perjalanan yang melelahkan tersebut akan terbayar dengan pemandangan indah di dalam goa.

9. Bukit Taman Indah

Bukit Taman Indah terletak di Desa Tegalrejo, Pacitan. Bukit ini memiliki pemandangan yang indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Dari atas Bukit Taman Indah, Anda bisa melihat hamparan sawah yang hijau dan perbukitan yang menjulang tinggi.

Wisata Lainnya:  Wisata Karawaci: Pesona Wisata di Tangerang

Untuk mencapai puncak Bukit Taman Indah, Anda akan melewati jalan setapak yang cukup menantang. Namun, pemandangan yang indah di atas Bukit Taman Indah akan membuat perjalanan Anda terbayar dengan sempurna.

10. Goa Sempor

Goa Sempor terletak di Desa Sempor, Pacitan. Goa ini memiliki keunikan arsitektur yang berbeda dengan goa-goa lainnya di Indonesia. Di dalam goa, Anda bisa melihat stalaktit dan stalakmit yang indah.

Untuk masuk ke dalam Goa Sempor, Anda akan melewati jalan setapak yang menanjak. Namun, perjalanan yang melelahkan tersebut akan terbayar dengan pemandangan indah di dalam goa.

Kesimpulan

Jadi, itu dia beberapa tempat wisata di Pacitan selain pantai yang bisa Anda kunjungi. Dari mulai Goa Gong, Telaga Ngebel, Bukit Kapur, Air Terjun Klayar, Candi Bajang Ratu, Gunung Liang, Bendungan Selorejo, Goa Tabuhan, hingga Bukit Taman Indah dan Goa Sempor. Semua tempat wisata ini memiliki keunikan dan pesona tersendiri yang bisa membuat liburan Anda di Pacitan menjadi lebih berkesan.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam saat berkunjung ke tempat-tempat wisata ini. Selamat berlibur!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *