Menikmati Wisata Wonosobo Selain Dieng

Posted on

Wonosobo memang terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Namun, selain Dieng, masih banyak tempat wisata menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi di Wonosobo. Berikut adalah beberapa destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Wonosobo.

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Kalikajar, Air Terjun Grojogan Sewu menawarkan pemandangan yang begitu indah. Terdapat banyak anak sungai yang bercabang di sini dan menambah keindahan air terjun ini. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berenang dan menikmati suasana yang tenang.

2. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo adalah tempat wisata sejarah yang terletak di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Terdapat sembilan candi yang tersebar di sekitar area tersebut dan semuanya masih terjaga dengan baik. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar candi ini.

3. Pantai Krakal

Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai, Pantai Krakal adalah salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi di Wonosobo. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berenang atau bersantai di tepi pantai.

4. Air Panas Guci

Terletak di Desa Guci, Kecamatan Baturaden, Air Panas Guci menawarkan wisata alam yang berbeda dari tempat lainnya. Anda bisa menikmati air panas alami yang berasal dari kawah Gunung Slamet. Selain itu, terdapat juga kolam renang, waterboom, dan wahana untuk anak-anak.

5. Kebun Teh Wonosobo

Wonosobo juga terkenal dengan kebun tehnya yang luas dan indah. Di Kebun Teh Wonosobo, Anda bisa menikmati keindahan alam sambil menikmati segarnya teh dari kebun tersebut. Selain itu, Anda juga bisa belajar tentang proses pembuatan teh dari petik hingga penyeduhan.

Wisata Lainnya:  Biro Perjalanan Wisata Surabaya: Temukan Keindahan Kota Surabaya

6. Telaga Warna

Telaga Warna adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Wonosobo. Terletak di Desa Dieng Kulon, Telaga Warna memiliki air yang berwarna-warni karena adanya sulfur dan mineral yang bercampur. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar telaga ini.

7. Gunung Prau

Gunung Prau adalah salah satu gunung yang terkenal di Jawa Tengah. Terletak di antara Kabupaten Wonosobo, Magelang, dan Temanggung, Gunung Prau menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Anda bisa menyaksikan matahari terbit atau terbenam di puncak gunung ini.

8. Desa Wisata Kandangan

Desa Wisata Kandangan adalah salah satu tempat wisata yang menarik di Wonosobo. Terletak di Kecamatan Kandangan, desa ini menawarkan suasana pedesaan yang tenang dan sejuk. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil belajar tentang kebudayaan dan adat istiadat masyarakat di sana.

9. Goa Jepang

Goa Jepang adalah tempat wisata sejarah yang terletak di Kecamatan Kalikajar. Goa ini digunakan sebagai markas tentara Jepang pada masa perang dunia II. Kini, goa ini menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama bagi Anda yang suka dengan sejarah.

10. Desa Wisata Kledung

Desa Wisata Kledung adalah tempat yang tepat untuk Anda yang ingin merasakan kehidupan di pedesaan. Terletak di Kecamatan Kledung, desa ini menawarkan suasana pedesaan yang asri dan tenang. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil belajar tentang kehidupan masyarakat di sana.

11. Air Terjun Sikarim

Terletak di Desa Sikarim, Kecamatan Wadaslintang, Air Terjun Sikarim menawarkan pemandangan alam yang begitu indah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan memiliki kolam yang cukup dalam. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berenang atau bersantai di sekitar air terjun.

12. Bukit Cinta

Bukit Cinta adalah tempat wisata yang terletak di Desa Kepel, Kecamatan Kejajar. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan memiliki spot foto yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam sambil menikmati suasana yang tenang di sana.

13. Goa Lawa

Goa Lawa adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Garung. Goa ini memiliki banyak keunikan, seperti stalaktit dan stalakmitnya yang indah dan sering digunakan sebagai tempat bersarangnya kelelawar. Selain itu, di dekat goa ini terdapat juga air terjun yang indah.

Wisata Lainnya:  Wisata Lampung Walk: Temukan Keindahan Lampung dengan Berjalan Kaki

14. Curug Telu

Curug Telu adalah tempat wisata alam yang terletak di Kecamatan Garung, tepatnya di Desa Sibedug. Air terjun ini memiliki tiga tingkat yang indah dan menawarkan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berenang atau bersantai di sekitar air terjun.

15. Museum Purbakala Sangiran

Jika Anda ingin mengetahui tentang sejarah manusia purba, Museum Purbakala Sangiran adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Terletak di Desa Kalijambe, Kecamatan Sragen, museum ini menawarkan banyak informasi tentang manusia purba dan peninggalan sejarah lainnya.

16. Desa Wisata Suroloyo

Desa Wisata Suroloyo adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Kejajar. Desa ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan suasana yang sejuk. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil belajar tentang kehidupan masyarakat di sana.

17. Candi Ceto

Candi Ceto adalah salah satu candi Hindu-Buddha yang terletak di lereng Gunung Lawu. Candi ini memiliki arsitektur yang indah dan masih terjaga dengan baik. Selain itu, di sekitar candi ini juga terdapat banyak keindahan alam yang dapat Anda nikmati.

18. Desa Wisata Jumprit

Desa Wisata Jumprit adalah tempat yang tepat untuk Anda yang ingin merasakan kehidupan di pedesaan. Terletak di Kecamatan Wonosobo, desa ini menawarkan suasana pedesaan yang asri dan tenang. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil belajar tentang kehidupan masyarakat di sana.

19. Taman Wisata Alam Mangli

Taman Wisata Alam Mangli adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Garung. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan memiliki banyak spot foto yang menarik. Selain itu, di sana juga terdapat banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan, seperti berkuda dan memancing.

20. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir adalah tempat wisata yang terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Garung. Bukit ini menawarkan pemandangan matahari terbit yang indah dan menakjubkan. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil menunggu matahari terbit di sana.

21. Curug Lawe

Curug Lawe adalah tempat wisata alam yang terletak di Desa Lawean, Kecamatan Kertek. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan menawarkan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berenang atau bersantai di sekitar air terjun.

22. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu adalah salah satu gunung yang terkenal di Jawa Tengah. Terletak di antara Kabupaten Magelang, Boyolali, dan Semarang, Gunung Merbabu menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Anda bisa menyaksikan matahari terbit atau terbenam di puncak gunung ini.

Wisata Lainnya:  Wisata Tanjung Balai: Menikmati Keindahan Pantai di Sumatera Utara

23. Desa Wisata Candirejo

Desa Wisata Candirejo adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Borobudur. Desa ini menawarkan suasana pedesaan yang asri dan tenang. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil belajar tentang kehidupan masyarakat di sana.

24. Air Terjun Jumog

Terletak di Desa Jumog, Kecamatan Kebumen, Air Terjun Jumog menawarkan pemandangan alam yang begitu indah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan memiliki kolam yang cukup dalam. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berenang atau bersantai di sekitar air terjun.

25. Bukit Paralayang Batu Seribu

Bukit Paralayang Batu Seribu adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Wadaslintang. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan memiliki banyak spot foto yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa menikmati olahraga terbang layang-layang di sana.

26. Goa Kiskendo

Goa Kiskendo adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Garung. Goa ini memiliki banyak keunikan, seperti stalaktit dan stalakmitnya yang indah dan sering digunakan sebagai tempat bersarangnya kelelawar. Selain itu, di dekat goa ini terdapat juga air terjun yang indah.

27. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai terkenal di Yogyakarta. Terletak di Kabupaten Bantul, pantai ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan memiliki pasir yang lembut. Selain itu, di sana juga terdapat banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan, seperti berkuda dan menikmati sunset.

28. Wisata Alam Kali Pancur

Wisata Alam Kali Pancur adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Wadaslintang. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan memiliki banyak spot foto yang menarik. Selain itu, di sana juga terdapat banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan, seperti berenang dan berkemah.

29. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Kejajar. Puncak ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan memiliki banyak spot foto yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam sambil menikmati suasana yang tenang di sana.

30. Curug Lawe Benowo

Curug Lawe Benowo adalah tempat wisata alam yang terletak di Desa Lawean, Kecamatan Kertek. Air terjun ini memiliki keting

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *