Menikmati Wisata Alam di Sragen Jawa Tengah

Posted on

Jawa Tengah memang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun, jika Anda mencari tempat wisata yang menyajikan keindahan alam yang masih asli dan belum banyak terjamah, maka Sragen adalah pilihan yang tepat.

1. Waduk Kedung Ombo

Terletak di Desa Kedung Ombo, Kecamatan Sambirejo, Waduk Kedung Ombo adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Sragen. Dibangun pada tahun 1991, waduk ini memiliki luas sekitar 1.560 hektar dan berfungsi sebagai penghasil listrik dan irigasi bagi sekitar 22.000 hektar lahan pertanian di sekitarnya.

Selain menikmati pemandangan waduk yang indah, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas di sini seperti memancing, bersepeda, dan berkemah. Tak hanya itu, saat musim kemarau tiba, waduk ini juga menjadi spot yang cocok untuk menikmati sunset yang cantik.

2. Air Terjun Jumog

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berada di tengah-tengah alam yang masih asli, maka Air Terjun Jumog adalah tempat yang tepat. Terletak di Desa Jumog, Kecamatan Gemolong, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang.

Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati jalan setapak yang cukup menantang. Namun, sepanjang perjalanan tersebut, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan segar.

3. Goa Lowo

Goa Lowo adalah tempat wisata yang cocok bagi Anda yang suka dengan petualangan dan tantangan. Terletak di Desa Ngawen, Kecamatan Sragen, goa ini memiliki panjang sekitar 500 meter dan dihuni oleh ribuan kelelawar.

Dalam perjalanan menuju goa, pengunjung juga disuguhi pemandangan alam yang indah dan segar. Untuk masuk ke dalam goa, pengunjung harus melewati jalan setapak yang cukup menantang dan berbatu.

4. Pantai Nampu

Tak hanya wisata alam, Sragen juga memiliki pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Nampu, yang terletak di Desa Kemiri, Kecamatan Sambirejo.

Wisata Lainnya:  Wisata Kolam Renang Jogja: Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih, pantai ini cocok untuk berenang, bermain pasir, atau sekadar menikmati keindahan alam yang tersaji di depan mata. Selain itu, pengunjung juga bisa mencoba berbagai makanan khas pantai yang lezat.

5. Bukit Sekipan

Bagi Anda yang suka dengan olahraga tracking dan hiking, Bukit Sekipan adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Terletak di Desa Sekipan, Kecamatan Sine, bukit ini memiliki ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut.

Dari puncak Bukit Sekipan, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Selain itu, pengunjung juga bisa mencoba berbagai olahraga seperti flying fox dan panjat tebing yang tersedia di sini.

6. Museum Ronggowarsito

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan budaya Sragen, maka Museum Ronggowarsito adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Terletak di Jalan Ronggowarsito, museum ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda peninggalan sejarah dan budaya Sragen.

Di dalam museum, pengunjung akan disuguhi berbagai informasi tentang Sragen, mulai dari sejarah peradaban manusia di daerah ini hingga perkembangan kebudayaan dan seni.

7. Kampung Batik Kauman

Sragen juga dikenal sebagai salah satu sentra penghasil batik di Jawa Tengah. Untuk mengetahui lebih jauh tentang batik Sragen, maka Kampung Batik Kauman adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Terletak di Desa Kauman, Kecamatan Sragen, kampung batik ini menyajikan berbagai jenis batik Sragen yang cantik dan unik. Selain membeli batik, pengunjung juga bisa belajar membuat batik dari para pengrajin yang ada di sini.

8. Taman Wisata Alam Gunung Kemukus

Terletak di Desa Kemukus, Kecamatan Gemolong, Taman Wisata Alam Gunung Kemukus adalah tempat wisata yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam yang masih asli dan alami. Dengan luas sekitar 450 hektar, taman wisata ini menyajikan berbagai pemandangan alam yang indah dan menakjubkan.

Di dalam taman wisata, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berkemah, memancing, dan bersepeda. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati panorama alam dari atas bukit yang terletak di dalam taman wisata ini.

9. Danau Sermo

Terletak di Desa Ngablak, Kecamatan Sine, Danau Sermo adalah tempat wisata yang cocok bagi Anda yang suka dengan keindahan alam yang masih asli dan alami. Dengan luas sekitar 6 hektar, danau ini menyajikan pemandangan air yang jernih dan pepohonan yang rindang.

Wisata Lainnya:  Wisata Air Putih Lebong: Keindahan Alam yang Menawan di Bengkulu

Di sini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti memancing, bersepeda, dan berenang. Tak hanya itu, saat malam hari, pengunjung juga bisa menikmati keindahan bintang-bintang di atas danau yang cantik.

10. Goa Selarong

Terletak di Desa Selarong, Kecamatan Masaran, Goa Selarong adalah tempat wisata yang cocok bagi Anda yang suka dengan petualangan dan tantangan. Dengan panjang sekitar 2 kilometer, goa ini menyajikan keindahan stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan.

Untuk masuk ke dalam goa, pengunjung harus melewati jalan setapak yang cukup menantang dan berbatu. Namun, perjalanan tersebut akan terbayar dengan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan di dalam goa.

11. Bukit Duryudana

Terletak di Desa Sumberrejo, Kecamatan Plupuh, Bukit Duryudana adalah tempat wisata yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam yang masih asli dan alami. Dengan ketinggian sekitar 250 meter di atas permukaan laut, bukit ini menyajikan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan.

Di sini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti hiking, bersepeda, dan berkemah. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam dari atas bukit ini.

12. Air Terjun Grojogan Sewu

Terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Sambirejo, Air Terjun Grojogan Sewu adalah tempat wisata yang cocok bagi Anda yang suka dengan keindahan alam yang masih asli dan alami. Dengan ketinggian sekitar 20 meter, air terjun ini menyajikan pemandangan air yang jernih dan segar.

Di sini, pengunjung bisa berenang, bermain air, atau sekadar menikmati keindahan alam yang tersaji di depan mata. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa mencoba berbagai makanan khas yang lezat di warung-warung yang ada di sekitar air terjun.

13. Taman Wisata Alam Pringsewu

Terletak di Desa Pringsewu, Kecamatan Gondang, Taman Wisata Alam Pringsewu adalah tempat wisata yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam yang masih asli dan alami. Dengan luas sekitar 500 hektar, taman wisata ini menyajikan berbagai pemandangan alam yang indah dan menakjubkan.

Di dalam taman wisata, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti hiking, berkemah, dan bersepeda. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati panorama alam yang indah dari atas bukit yang terletak di dalam taman wisata ini.

14. Taman Rekreasi Sumber Makmur

Terletak di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Gondang, Taman Rekreasi Sumber Makmur adalah tempat wisata yang cocok bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga. Dengan luas sekitar 40 hektar, taman rekreasi ini menyajikan berbagai wahana permainan yang seru dan menarik.

Wisata Lainnya:  Wisata Camping Cibodas: Sensasi Berkemah di Puncak Gunung

Di sini, pengunjung bisa mencoba berbagai wahana seperti kolam renang, waterboom, flying fox, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam yang tersaji di sekitar taman rekreasi ini.

15. Candi Sukuh

Terletak di Desa Sukuh, Kecamatan Ngargoyoso, Candi Sukuh adalah tempat wisata yang cocok bagi Anda yang suka dengan sejarah dan budaya. Candi ini dibangun pada abad ke-15 dan memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan candi-candi lain di Jawa Tengah.

Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai relief dan ukiran yang menggambarkan berbagai adegan kehidupan pada masa itu. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam yang tersaji di sekitar candi.

16. Gunung Lawu

Terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, Gunung Lawu adalah tempat wisata yang cocok bagi Anda yang suka dengan petualangan dan tantangan. Dengan ketinggian sekitar 3.265 meter di atas permukaan laut, gunung ini menyajikan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan.

Di sini, pengunjung bisa melakukan pendakian, hiking, dan bersepeda. Namun, sebelum melakukan aktivitas tersebut, pengunjung harus mempersiapkan diri dengan baik karena jalur pendakian yang cukup menantang.

17. Bendungan Kemandoran

Terletak di Desa Kemandoran, Kecamatan Plupuh, Bendungan Kemandoran adalah tempat wisata yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam yang masih asli dan alami. Dibangun pada tahun 1992, bendungan ini berfungsi sebagai penghasil listrik dan irigasi bagi sekitar 5.000 hektar lahan pertanian di sekitarnya.

Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan air yang jernih dan segar, serta melakukan berbagai aktivitas seperti memancing, bersepeda, dan berkemah. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam yang cantik di atas bendungan ini.

18. Pasar Klewer Solo

Terletak di Kota Solo, Pasar Klewer adalah salah satu pasar tradisional yang terkenal di Jawa Tengah. Di sini, pengunjung bisa menemukan berbagai jenis kain batik Sragen yang cantik dan unik, serta berbagai jenis oleh-oleh khas Solo.

Selain membeli oleh-oleh, pengunjung juga bisa mencoba berbagai

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *