Jalur Wisata Gunung Bromo Ambles: Menikmati Keindahan Alam yang Menakjubkan

Posted on

Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia. Terletak di Jawa Timur, gunung ini memiliki keindahan alam yang memukau. Tidak hanya itu, jalur wisata gunung Bromo Ambles juga menyajikan berbagai pemandangan yang tidak kalah menarik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang jalur wisata gunung Bromo Ambles.

1. Menikmati Keindahan Sunrise dari Puncak Pananjakan

Salah satu kegiatan yang paling populer di jalur wisata gunung Bromo Ambles adalah menikmati keindahan sunrise dari Puncak Pananjakan. Puncak ini adalah salah satu titik tertinggi di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang menyajikan pemandangan spektakuler saat matahari terbit.

Untuk menuju ke Puncak Pananjakan, Anda bisa naik jeep dari Desa Cemara Lawang. Perjalanan memakan waktu sekitar 45 menit hingga satu jam. Namun, perjalanan yang panjang akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa. Selain itu, Anda juga bisa menikmati panorama yang memukau ketika jeep melaju di jalur wisata Bromo Ambles.

Wisata Lainnya:  Jadwal Kereta Api Argo Lawu

2. Menyusuri Laut Pasir di Kawah Bromo

Setelah menikmati sunrise, perjalanan berikutnya adalah menyusuri Laut Pasir menuju kawah Bromo. Laut Pasir adalah gurun kecil yang terletak di kaki Gunung Bromo. Jalur wisata gunung Bromo Ambles menyajikan pemandangan yang indah, terutama saat matahari terbit.

Untuk menuju kawah Bromo, Anda perlu menyeberangi Laut Pasir dengan berjalan kaki atau menaiki kuda. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam, tergantung pada kondisi fisik dan kecepatan Anda.

3. Trekking ke Bukit Teletubbies

Selain menikmati sunrise dan menyusuri Laut Pasir, Anda juga bisa melakukan trekking ke Bukit Teletubbies. Bukit ini terkenal karena bentuknya yang mirip dengan bukit di serial televisi Teletubbies. Jalur wisata gunung Bromo Ambles menyajikan pemandangan yang indah selama perjalanan menuju Bukit Teletubbies.

Untuk menuju Bukit Teletubbies, Anda perlu naik jeep dari Desa Cemara Lawang menuju Desa Wonokitri. Kemudian, Anda bisa berjalan kaki selama sekitar 1,5 jam dan menikmati pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan. Setelah sampai di Bukit Teletubbies, Anda akan disajikan dengan pemandangan yang memukau dari ketinggian.

4. Menyaksikan Keindahan Air Terjun Madakaripura

Setelah menikmati keindahan alam di jalur wisata gunung Bromo Ambles, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini terletak sekitar 30 km dari Gunung Bromo dan menyajikan pemandangan yang indah.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata di Yogyakarta: Wisata Budaya yang Menghidupkan Tradisi

Untuk menuju ke Air Terjun Madakaripura, Anda bisa naik ojek atau mobil dari Desa Cemara Lawang. Perjalanan memakan waktu sekitar satu jam hingga satu setengah jam. Namun, perjalanan yang panjang akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa.

5. Menikmati Kuliner Khas Jawa Timur

Selain menikmati keindahan alam, jalur wisata gunung Bromo Ambles juga menyajikan kuliner khas Jawa Timur. Anda bisa mencicipi berbagai makanan lezat seperti sate ayam, rawon, nasi pecel, dan lain sebagainya. Kuliner khas Jawa Timur ini bisa Anda temukan di berbagai warung makan di sekitar area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

6. Menjelajahi Desa Tradisional di Sekitar Gunung Bromo

Jalur wisata gunung Bromo Ambles juga menyajikan kesempatan untuk menjelajahi desa tradisional di sekitar Gunung Bromo. Anda bisa berkunjung ke Desa Ngadas, Desa Jemplang, atau Desa Ranu Pane untuk melihat kehidupan masyarakat yang masih sangat tradisional. Di desa-desa ini, Anda bisa melihat berbagai kegiatan sehari-hari masyarakat seperti bertani, memelihara ternak, dan membuat kerajinan tangan.

7. Menginap di Villa atau Penginapan di Sekitar Gunung Bromo

Setelah menikmati keindahan alam dan kuliner khas Jawa Timur, Anda bisa menginap di villa atau penginapan di sekitar Gunung Bromo. Ada banyak pilihan penginapan yang tersedia di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, mulai dari villa mewah hingga homestay yang sederhana. Anda bisa memilih penginapan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Wisata Lainnya:  Wisata Kebun Binatang Jogja

8. Menikmati Keindahan Malam di Sekitar Gunung Bromo

Terakhir, jalur wisata gunung Bromo Ambles juga menyajikan keindahan malam yang memukau. Anda bisa menikmati pemandangan bintang di langit yang jernih atau melihat Gunung Bromo yang terlihat indah di malam hari. Namun, perlu diingat bahwa suhu di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sangat dingin di malam hari, sehingga pastikan Anda membawa pakaian yang cukup tebal.

Kesimpulan

Jalur wisata gunung Bromo Ambles adalah salah satu destinasi wisata yang menakjubkan di Indonesia. Anda bisa menikmati keindahan alam yang memukau, kuliner khas Jawa Timur, dan kehidupan masyarakat yang masih sangat tradisional. Selain itu, Anda juga bisa menginap di villa atau penginapan di sekitar Gunung Bromo dan menikmati keindahan malam yang memukau. Jangan lupa untuk membawa kamera dan menikmati perjalanan yang tak terlupakan di jalur wisata gunung Bromo Ambles.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *