Desa Wisata Untia – Wisata Budaya yang Menarik di Sulawesi Tenggara

Posted on

Desa Wisata Untia merupakan salah satu destinasi wisata budaya yang terletak di Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Desa ini menawarkan suasana yang berbeda dengan keindahan alam dan budaya yang masih terjaga.

Sejarah Desa Wisata Untia

Desa Wisata Untia memiliki sejarah yang panjang. Desa ini dikenal sebagai tempat bermukimnya para pengungsi dari Kerajaan Buton yang terbakar pada tahun 1732. Para pengungsi tersebut kemudian membentuk sebuah desa baru yang disebut Desa Untia.

Desa Wisata Untia menjadi desa yang unik karena memiliki kekayaan budaya yang masih terjaga hingga saat ini. Masyarakat Desa Untia masih mempertahankan tradisi dan budaya leluhur mereka seperti tari-tarian, upacara adat, dan lain sebagainya.

Keindahan Alam Desa Wisata Untia

Desa Wisata Untia tidak hanya menawarkan keindahan budaya, namun juga keindahan alam yang menakjubkan. Desa ini terletak di kaki gunung yang hijau dan dikelilingi oleh hamparan sawah dan kebun-kebun buah yang hijau.

Wisata Lainnya:  Wisata Brazil: Pesona Keindahan Alam yang Menakjubkan

Di Desa Wisata Untia, Anda akan menemukan air terjun yang indah dan air terjun yang sangat jernih. Air terjun tersebut dikelilingi oleh pepohonan hijau yang memberikan suasana yang segar dan menenangkan.

Wisata Budaya di Desa Wisata Untia

Desa Wisata Untia merupakan tempat yang tepat untuk mengetahui lebih dekat dengan budaya Sulawesi Tenggara. Di sini, Anda dapat menikmati tari-tarian tradisional yang dilakukan oleh masyarakat Desa Untia.

Anda juga dapat mengunjungi rumah adat yang masih terjaga dengan baik di Desa Wisata Untia. Di sini, Anda dapat melihat langsung bagaimana rumah-rumah adat tersebut dibangun dan digunakan oleh masyarakat Desa Untia.

Kuliner Khas Desa Wisata Untia

Desa Wisata Untia juga menawarkan kuliner khas yang lezat dan unik. Masyarakat Desa Untia masih mempertahankan resep-resep tradisional yang telah diwariskan dari leluhur mereka.

Anda dapat mencoba berbagai macam hidangan khas seperti ikan bakar, sate ampela, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat mencicipi minuman khas seperti sirup kweni dan es kacang hijau.

Wisata Lainnya:  Gama Wisata Tour - Paket Wisata Terbaik di Indonesia

Transportasi ke Desa Wisata Untia

Desa Wisata Untia dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengambil rute dari Kota Kendari ke Kecamatan Lasalimu Selatan.

Sedangkan jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda dapat naik bus dari Terminal Kendari ke Kecamatan Lasalimu Selatan. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau kendaraan pribadi.

Fasilitas di Desa Wisata Untia

Desa Wisata Untia menyediakan fasilitas yang cukup lengkap untuk para wisatawan. Di sini, Anda dapat menemukan penginapan yang nyaman dan murah, restoran yang menyajikan makanan khas Desa Untia, dan toko oleh-oleh.

Selain itu, Desa Wisata Untia juga menyediakan berbagai macam kegiatan yang menarik seperti trekking, outbound, dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat Anda nikmati dengan menggunakan paket wisata yang disediakan oleh pengelola Desa Wisata Untia.

Kesimpulan

Desa Wisata Untia merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Di sini, Anda dapat menikmati keindahan alam dan budaya yang masih terjaga dengan baik. Selain itu, Anda juga dapat mencicipi kuliner khas yang lezat dan unik.

Wisata Lainnya:  Chevilly Bogor Tiket Masuk 2022, Jadwalkan Menginap Anda Segera  

Jangan lupa untuk mengabadikan momen di Desa Wisata Untia dan membawa pulang oleh-oleh khas Desa Untia untuk keluarga dan teman-teman di rumah. Nikmati liburan Anda di Desa Wisata Untia dan temukan pengalaman yang tak terlupakan di sana.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *