Desa Wisata Kulon Progo: Wisata Alam yang Menyegarkan

Posted on

Jika Anda mencari wisata alam yang menyegarkan dan menenangkan, maka Desa Wisata Kulon Progo di Yogyakarta adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Terletak di lereng Gunung Merapi dan Gunung Sumbing, desa ini menawarkan panorama alam yang asri dan udara yang sejuk.

Sejarah Desa Wisata Kulon Progo

Desa Wisata Kulon Progo didirikan pada tahun 2009 sebagai bagian dari program pengembangan pariwisata di Kabupaten Kulon Progo. Tujuan didirikannya desa wisata ini adalah untuk mempromosikan kekayaan alam dan budaya lokal, serta memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat setempat.

Sejak didirikan, Desa Wisata Kulon Progo telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan. Kini, desa ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Yogyakarta, terutama bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana pedesaan yang tenang dan alam yang masih asri.

Wisata Lainnya:  Wisata Durian Terdekat: Menikmati Buah Durian Segar di Dekat Rumah

Daya Tarik Desa Wisata Kulon Progo

Desa Wisata Kulon Progo menawarkan berbagai daya tarik yang membuat wisatawan betah berlama-lama di sana. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Keindahan Alam

Desa Wisata Kulon Progo terletak di kawasan yang dikelilingi oleh gunung dan sungai. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang masih asri dan hijau di sana. Beberapa tempat yang wajib dikunjungi adalah Bukit Nangkring, Air Terjun Sri Gethuk, dan Goa Kiskendo.

2. Budaya Lokal

Desa Wisata Kulon Progo juga menawarkan pengalaman yang unik bagi wisatawan yang ingin mengenal budaya lokal. Wisatawan dapat mengunjungi rumah-rumah penduduk setempat dan belajar tentang kebiasaan dan tradisi mereka. Selain itu, wisatawan juga dapat menyaksikan pertunjukan seni tradisional seperti tari-tarian dan musik gamelan.

3. Aktivitas Outdoors

Bagi wisatawan yang suka aktivitas luar ruangan, Desa Wisata Kulon Progo menawarkan berbagai pilihan aktivitas seperti hiking, rafting, dan bersepeda. Dengan udara yang sejuk dan panorama alam yang indah, aktivitas-aktivitas tersebut akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Wisata Lainnya:  Wisata Paralayang: Mencicipi Sensasi Terbang di Atas Awan

Akomodasi di Desa Wisata Kulon Progo

Desa Wisata Kulon Progo menyediakan berbagai jenis akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan wisatawan. Mulai dari homestay, villa, hingga camping ground, semua tersedia di sana. Harga akomodasi di desa wisata ini juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 150.000 per malam.

Cara Menuju Desa Wisata Kulon Progo

Desa Wisata Kulon Progo dapat diakses melalui beberapa jalur. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka bisa melalui jalur Yogyakarta – Magelang – Purworejo. Jika menggunakan transportasi umum, wisatawan bisa naik bus dari Terminal Giwangan Yogyakarta menuju Terminal Wates, lalu dilanjutkan dengan angkutan desa menuju Desa Wisata Kulon Progo.

Kesimpulan

Desa Wisata Kulon Progo adalah destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di Yogyakarta. Terletak di kawasan yang dikelilingi oleh gunung dan sungai, desa ini menawarkan keindahan alam yang masih asri dan udara yang sejuk. Selain itu, wisatawan juga dapat mengenal budaya lokal dan melakukan berbagai aktivitas luar ruangan di sana. Maka dari itu, jangan ragu untuk mengunjungi Desa Wisata Kulon Progo saat berkunjung ke Yogyakarta.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *