Contoh Itinerary Paket Wisata Jogja

Posted on

Jogja merupakan salah satu kota destinasi wisata yang sangat diminati oleh wisatawan lokal maupun internasional. Kota ini memiliki beragam wisata yang menarik dan khas, mulai dari wisata sejarah, budaya, kuliner hingga wisata alam. Bagi Anda yang ingin merencanakan liburan ke Jogja, berikut ini adalah contoh itinerary paket wisata Jogja yang bisa menjadi referensi Anda.

Hari Pertama: Wisata Sejarah

Pada hari pertama, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata sejarah di Jogja. Di pagi hari, Anda bisa mengunjungi Candi Borobudur, salah satu situs warisan dunia yang terkenal. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Candi Prambanan yang merupakan situs warisan dunia dan menjadi salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia.

Setelah puas mengunjungi candi, Anda bisa menuju ke Keraton Yogyakarta, tempat tinggal Sultan Yogyakarta. Di sini, Anda bisa melihat berbagai macam koleksi benda-benda kerajaan yang sangat bersejarah.

Selesai mengunjungi Keraton Yogyakarta, Anda bisa makan siang di salah satu restoran yang menyajikan makanan khas Jogja seperti gudeg dan nasi kucing. Setelah itu, Anda bisa mengunjungi Taman Sari, bekas tempat mandi dan tempat bermain para putri keraton.

Wisata Lainnya:  Wisata Kali Pucung - Tempat Liburan Seru di Kabupaten Tegal

Sebelum pulang ke hotel, jangan lupa mampir ke Malioboro, tempat belanja oleh-oleh khas Jogja yang terkenal.

Hari Kedua: Wisata Alam

Hari kedua, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata alam di Jogja. Anda bisa memulai hari dengan mengunjungi Gunung Merapi, salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Di sini, Anda bisa melakukan hiking atau tur menggunakan jeep untuk menikmati keindahan alam sekitar.

Setelah selesai mengunjungi Gunung Merapi, Anda bisa mampir ke Kaliurang, sebuah desa wisata yang terkenal dengan udaranya yang segar dan pemandangan alamnya yang indah.

Untuk makan siang, Anda bisa mencoba masakan khas Jogja seperti sate klathak atau pecel lele di salah satu restoran di daerah Kaliurang.

Setelah itu, Anda bisa menuju ke Pantai Parangtritis untuk menikmati keindahan pantai dan melihat sunset yang sangat indah. Jangan lupa mencoba kuliner khas pantai seperti ikan bakar dan kelapa muda segar.

Hari Ketiga: Wisata Budaya dan Kuliner

Hari ketiga, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata budaya dan kuliner di Jogja. Di pagi hari, Anda bisa mengunjungi Pasar Beringharjo, pasar tradisional yang menjual berbagai macam barang seperti batik, kerajinan tangan, dan makanan khas Jogja.

Wisata Lainnya:  Wisata Situbondo Bondowoso: Menikmati Keindahan Alam Jawa Timur

Setelah itu, Anda bisa menuju ke Candi Ratu Boko, sebuah situs peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang terletak di atas bukit. Di sini, Anda bisa melihat keindahan pemandangan dan menyaksikan matahari terbenam.

Untuk makan siang, Anda bisa mencoba makanan khas Jogja seperti nasi liwet dan bakmi Jawa di salah satu restoran di daerah Kotagede.

Setelah itu, Anda bisa mengunjungi Taman Pintar, tempat wisata edukasi yang menyenangkan dan cocok untuk anak-anak. Di sini, Anda bisa belajar sains dan teknologi dengan cara yang menyenangkan.

Sebelum pulang ke hotel, jangan lupa mampir ke Jalan Malioboro untuk mencicipi berbagai macam makanan khas Jogja seperti angkringan, wedang ronde, dan bakpia.

Hari Keempat: Wisata Religi

Pada hari keempat, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata religi di Jogja. Di pagi hari, Anda bisa mengunjungi Masjid Agung Kraton Yogyakarta, salah satu masjid terbesar dan terindah di Jogja.

Setelah itu, Anda bisa menuju ke Candi Ijo, sebuah candi yang terletak di atas bukit dan menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.

Wisata Lainnya:  Tempat yang Menyediakan Jasa Layanan Wisata Adalah

Untuk makan siang, Anda bisa mencoba masakan khas Jogja seperti nasi gudeg dan ayam goreng di salah satu restoran di daerah Kaliurang.

Setelah itu, Anda bisa mengunjungi Makam Raja-Raja Imogiri, tempat peristirahatan terakhir para raja dan keluarga kerajaan Yogyakarta. Di sini, Anda bisa belajar sejarah dan budaya Jogja yang sangat kaya.

Sebelum pulang ke hotel, jangan lupa mampir ke Pasar Pathuk untuk membeli oleh-oleh khas Jogja seperti batik, kerajinan tangan, dan makanan khas Jogja.

Kesimpulan

Itulah contoh itinerary paket wisata Jogja yang bisa menjadi referensi Anda. Dengan mengunjungi berbagai macam tempat wisata di Jogja, Anda bisa merasakan keindahan dan keunikan kota ini. Jangan lupa mencoba berbagai macam makanan khas Jogja yang sangat lezat dan nikmat. Selamat berlibur!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *