30 Tempat Wisata Purwokerto yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Purwokerto adalah kota kecil yang terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kota ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga ataupun teman-teman. Berikut adalah 30 tempat wisata Purwokerto yang wajib dikunjungi.

1. Bukit Cinta

Bukit Cinta adalah salah satu tempat wisata Purwokerto yang terkenal. Tempat ini merupakan bukit yang memiliki pemandangan yang indah dan romantis. Bukit Cinta cocok untuk dijadikan tempat foto pre-wedding ataupun sekedar berkunjung bersama pasangan.

2. Baturaden

Baturaden adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di dekat Purwokerto. Tempat ini memiliki banyak wahana dan spot foto yang menarik. Selain itu, Baturaden juga memiliki air terjun yang sangat indah dan cocok untuk menenangkan pikiran.

3. Curug Cipendok

Curug Cipendok adalah air terjun yang terletak di kawasan hutan pinus. Tempat ini memiliki udara yang sejuk dan segar. Curug Cipendok cocok untuk dijadikan tempat camping ataupun piknik bersama keluarga.

4. Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah adalah pantai yang terletak di Purwokerto. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Pantai Alam Indah cocok untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga.

5. Goa Lawa

Goa Lawa adalah sebuah goa yang terletak di Purwokerto. Goa ini terkenal dengan banyaknya kelelawar yang tinggal di dalamnya. Selain itu, Goa Lawa juga memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah.

Wisata Lainnya:  Wisata Dekat Pantai Parangtritis: Menikmati Keindahan Alam di Yogyakarta

6. Candi Banyumas

Candi Banyumas adalah sebuah candi yang terletak di Purwokerto. Candi ini merupakan peninggalan sejarah dari masa Kerajaan Mataram Kuno. Candi Banyumas cocok untuk dikunjungi oleh pecinta sejarah.

7. Alun-alun Purwokerto

Alun-alun Purwokerto adalah lapangan yang terletak di pusat kota Purwokerto. Tempat ini cocok untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga ataupun teman-teman. Selain itu, Alun-alun Purwokerto juga memiliki banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan dan minuman.

8. Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga adalah museum yang terletak di Purwokerto. Museum ini menyimpan banyak koleksi sejarah dari masa Kerajaan Sunda. Museum Sri Baduga cocok untuk dikunjungi oleh pecinta sejarah.

9. Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari adalah taman bermain yang terletak di Purwokerto. Tempat ini memiliki banyak wahana dan spot foto yang menarik. Selain itu, Taman Wisata Matahari juga memiliki kolam renang yang besar.

10. Kebun Raya Purwokerto

Kebun Raya Purwokerto adalah kebun raya yang terletak di Purwokerto. Tempat ini memiliki banyak koleksi tumbuhan dari berbagai jenis. Kebun Raya Purwokerto cocok untuk dijadikan tempat belajar bagi anak-anak.

11. Balai Kota Purwokerto

Balai Kota Purwokerto adalah gedung yang terletak di pusat kota Purwokerto. Gedung ini memiliki arsitektur yang indah dan terawat dengan baik. Balai Kota Purwokerto cocok untuk dijadikan tempat berfoto.

12. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa adalah museum yang terletak di dekat Purwokerto. Museum ini menyimpan banyak koleksi kereta api dari masa lalu. Museum Kereta Api Ambarawa cocok untuk dikunjungi oleh pecinta sejarah dan kereta api.

13. Petruk Cave Adventure Park

Petruk Cave Adventure Park adalah taman bermain yang terletak di Purwokerto. Tempat ini memiliki banyak wahana yang menarik seperti flying fox dan wall climbing. Selain itu, Petruk Cave Adventure Park juga memiliki goa buatan yang bisa dijelajahi.

14. Candi Selogriyo

Candi Selogriyo adalah sebuah candi yang terletak di dekat Purwokerto. Candi ini merupakan peninggalan sejarah dari masa Kerajaan Mataram Kuno. Candi Selogriyo cocok untuk dikunjungi oleh pecinta sejarah dan keindahan alam.

Wisata Lainnya:  Cilongok Pasar Kemis Wisata: Explore the Hidden Gem of Tangerang

15. Wisata Air Panas Guci

Wisata Air Panas Guci adalah tempat wisata yang terletak di Purwokerto. Tempat ini memiliki kolam air panas dan wahana air yang menarik. Selain itu, Wisata Air Panas Guci juga memiliki pemandangan yang indah.

16. Gunung Slamet

Gunung Slamet adalah gunung yang terletak di dekat Purwokerto. Gunung ini merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah. Pendaki bisa menikmati pemandangan yang indah dari puncak Gunung Slamet.

17. Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung adalah pantai yang terletak di Purwokerto. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan cocok untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Selain itu, Pantai Widarapayung juga memiliki banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan dan minuman.

18. Taman Rekreasi Satria

Taman Rekreasi Satria adalah taman bermain yang terletak di Purwokerto. Tempat ini memiliki banyak wahana dan spot foto yang menarik. Selain itu, Taman Rekreasi Satria juga memiliki kolam renang yang besar.

19. Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong adalah pantai yang terletak di Purwokerto. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan cocok untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Selain itu, Pantai Karangbolong juga memiliki banyak warung makanan dan minuman.

20. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi adalah sebuah telaga yang terletak di dekat Purwokerto. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah dan cocok untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Selain itu, Telaga Sunyi juga memiliki goa yang bisa dijelajahi.

21. Candi Cetho

Candi Cetho adalah sebuah candi yang terletak di dekat Purwokerto. Candi ini merupakan peninggalan sejarah dari masa Kerajaan Mataram Kuno. Candi Cetho cocok untuk dikunjungi oleh pecinta sejarah dan keindahan alam.

22. The Great Wall Waterpark

The Great Wall Waterpark adalah taman bermain yang terletak di Purwokerto. Tempat ini memiliki banyak wahana air yang menarik. Selain itu, The Great Wall Waterpark juga memiliki kolam renang yang besar.

23. Taman Wisata Matahari Waterpark

Taman Wisata Matahari Waterpark adalah taman bermain yang terletak di Purwokerto. Tempat ini memiliki banyak wahana air yang menarik. Selain itu, Taman Wisata Matahari Waterpark juga memiliki kolam renang yang besar.

Wisata Lainnya:  Wisata China: Menikmati Destinasi Wisata Terbaik di Negeri Tirai Bambu

24. Wisata Alam Ayu

Wisata Alam Ayu adalah tempat wisata yang terletak di Purwokerto. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah dan cocok untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Selain itu, Wisata Alam Ayu juga memiliki air terjun yang indah.

25. Kawasan Wisata Kopeng

Kawasan Wisata Kopeng adalah kawasan wisata yang terletak di dekat Purwokerto. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah dan cocok untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Selain itu, Kawasan Wisata Kopeng juga memiliki banyak warung makanan dan minuman.

26. Telaga Menjer

Telaga Menjer adalah sebuah telaga yang terletak di dekat Purwokerto. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah dan cocok untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Selain itu, Telaga Menjer juga memiliki goa yang bisa dijelajahi.

27. Candi Kethek

Candi Kethek adalah sebuah candi yang terletak di dekat Purwokerto. Candi ini merupakan peninggalan sejarah dari masa Kerajaan Mataram Kuno. Candi Kethek cocok untuk dikunjungi oleh pecinta sejarah dan keindahan alam.

28. Taman Wisata Baturraden Adventure Forest

Taman Wisata Baturraden Adventure Forest adalah taman bermain yang terletak di dekat Purwokerto. Tempat ini memiliki banyak wahana yang menarik seperti flying fox dan wall climbing. Selain itu, Taman Wisata Baturraden Adventure Forest juga memiliki pemandangan yang indah.

29. Gunung Cipakao

Gunung Cipakao adalah gunung yang terletak di dekat Purwokerto. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang cocok untuk pendakian bagi pemula. Pendaki bisa menikmati pemandangan yang indah dari puncak Gunung Cipakao.

30. Bendungan Wadaslintang

Bendungan Wadaslintang adalah sebuah bendungan yang terletak di dekat Purwokerto. Tempat ini memiliki pemandangan yang indah dan cocok untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Selain itu, Bendungan Wadaslintang juga memiliki banyak warung makanan dan minuman.

Kesimpulan

Itulah 30 tempat wisata Purwokerto yang wajib dikunjungi. Setiap tempat wisata memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama keluarga atau teman-teman ketika berkunjung ke tempat wisata tersebut. Selamat berlibur!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *