30 Tempat Wisata di Wonogiri dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Wonogiri adalah salah satu kota kecil di Jawa Tengah yang menyimpan banyak keindahan alam. Dari gunung, pantai, hingga air terjun, semuanya bisa kamu temukan di Wonogiri dan sekitarnya. Berikut adalah 30 tempat wisata di Wonogiri dan sekitarnya yang wajib dikunjungi.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang terletak di Klaten. Candi ini dibangun sekitar abad ke-9 oleh kerajaan Sanjaya dan merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia. Selain melihat keindahan arsitekturnya, kamu juga bisa menikmati pertunjukan tari Ramayana yang diadakan di malam hari.

2. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan terletak di Desa Dlingo, Bantul, Yogyakarta, sekitar 40 km dari Wonogiri. Tempat ini menawarkan pemandangan indah hutan pinus yang sangat cocok untuk bersantai dan berfoto.

3. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, sekitar 60 km dari Wonogiri. Pantai ini terkenal dengan legenda Nyi Roro Kidul dan memiliki ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk berselancar.

4. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Tawangmangu, Karanganyar, sekitar 30 km dari Wonogiri. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Wisata Lainnya:  Wisata Korea di Jakarta: Nikmati Pengalaman Seru Mengenal Budaya Korea di Ibu Kota

5. Candi Sukuh

Candi Sukuh merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang terletak di Desa Berjo, Karanganyar, sekitar 40 km dari Wonogiri. Candi ini dibangun pada abad ke-15 oleh raja Majapahit dan memiliki arsitektur yang unik dengan bentuk mirip piramida.

6. Goa Jomblang

Goa Jomblang terletak di Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, sekitar 70 km dari Wonogiri. Goa ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan dengan stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami.

7. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan terletak di Plaosan, Magetan, sekitar 40 km dari Wonogiri. Tempat ini menawarkan keindahan alam danau yang sangat indah dengan pemandangan perbukitan di sekitarnya.

8. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang terletak di Magelang, sekitar 90 km dari Wonogiri. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Syailendra dan merupakan candi Buddha terbesar di dunia.

9. Pantai Krakal

Pantai Krakal terletak di Tepus, Gunungkidul, sekitar 80 km dari Wonogiri. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk berselancar.

10. Air Terjun Tawangmangu

Air Terjun Tawangmangu terletak di Desa Karangpandan, Karanganyar, sekitar 30 km dari Wonogiri. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan.

11. Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo terletak di Tepus, Gunungkidul, sekitar 80 km dari Wonogiri. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk berselancar.

12. Candi Mendut

Candi Mendut terletak di Magelang, sekitar 90 km dari Wonogiri. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh dinasti Syailendra dan merupakan salah satu candi Buddha terbesar di Indonesia.

13. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu terletak di Kabupaten Magelang dan Boyolali, sekitar 70 km dari Wonogiri. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.145 mdpl dan merupakan salah satu gunung yang cocok untuk pendakian.

Wisata Lainnya:  Wisata Eropa: Menikmati Indahnya Destinasi Wisata di Benua Biru

14. Goa Pindul

Goa Pindul terletak di Desa Bejiharjo, Gunungkidul, sekitar 70 km dari Wonogiri. Goa ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan dengan sungai yang mengalir di dalamnya.

15. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti terletak di Tepus, Gunungkidul, sekitar 80 km dari Wonogiri. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk berselancar.

16. Candi Pawon

Candi Pawon terletak di Magelang, sekitar 90 km dari Wonogiri. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh dinasti Syailendra dan merupakan salah satu candi Buddha terbesar di Indonesia.

17. Pantai Siung

Pantai Siung terletak di Tepus, Gunungkidul, sekitar 80 km dari Wonogiri. Pantai ini memiliki pemandangan tebing karang yang sangat indah dan cocok untuk mendaki.

18. Candi Kalasan

Candi Kalasan terletak di Sleman, Yogyakarta, sekitar 60 km dari Wonogiri. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Syailendra dan merupakan salah satu candi Buddha terbesar di Indonesia.

19. Pantai Drini

Pantai Drini terletak di Tanjungsari, Gunungkidul, sekitar 80 km dari Wonogiri. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk berselancar.

20. Candi Sewu

Candi Sewu terletak di Prambanan, Sleman, Yogyakarta, sekitar 60 km dari Wonogiri. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Syailendra dan merupakan salah satu candi Buddha terbesar di Indonesia.

21. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan terletak di Tepus, Gunungkidul, sekitar 80 km dari Wonogiri. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk berselancar.

22. Candi Sari

Candi Sari terletak di Sleman, Yogyakarta, sekitar 60 km dari Wonogiri. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Syailendra dan merupakan salah satu candi Buddha terbesar di Indonesia.

23. Pantai Kukup

Pantai Kukup terletak di Tepus, Gunungkidul, sekitar 80 km dari Wonogiri. Pantai ini memiliki pemandangan tebing karang yang sangat indah dan cocok untuk mendaki.

Wisata Lainnya:  Explore the Beauty of Tretes: Tempat Wisata di Tretes

24. Candi Plaosan

Candi Plaosan terletak di Prambanan, Sleman, Yogyakarta, sekitar 60 km dari Wonogiri. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh dinasti Sanjaya dan merupakan candi Buddha terbesar di Indonesia.

25. Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan terletak di Tepus, Gunungkidul, sekitar 80 km dari Wonogiri. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk berselancar.

26. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko terletak di Sleman, Yogyakarta, sekitar 60 km dari Wonogiri. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Syailendra dan merupakan salah satu candi Buddha terbesar di Indonesia.

27. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng terletak di Tepus, Gunungkidul, sekitar 80 km dari Wonogiri. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk berselancar.

28. Candi Lara Jonggrang

Candi Lara Jonggrang terletak di Prambanan, Sleman, Yogyakarta, sekitar 60 km dari Wonogiri. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh dinasti Sanjaya dan merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia.

29. Pantai Baron

Pantai Baron terletak di Tanjungsari, Gunungkidul, sekitar 80 km dari Wonogiri. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang cukup besar sehingga cocok untuk berselancar.

30. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo terletak di Bandungan, Semarang, sekitar 150 km dari Wonogiri. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Syailendra dan memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Demikianlah 30 tempat wisata di Wonogiri dan sekitarnya yang wajib dikunjungi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang ingin berlibur dan menikmati keindahan alam di Jawa Tengah.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *