30 Tempat Wisata di Kalbar yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Kalimantan Barat atau yang sering disingkat Kalbar memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan cocok untuk dijadikan destinasi liburan. Dari pantai-pantai indah hingga wisata budaya, Kalbar memiliki segalanya. Berikut adalah 30 tempat wisata di Kalbar yang wajib dikunjungi:

1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang adalah salah satu pantai terindah di Kalimantan Barat. Terletak di Kabupaten Singkawang, pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain berenang dan berjemur, pengunjung juga bisa menikmati keindahan sunset di pantai ini.

2. Taman Nasional Gunung Palung

Taman Nasional Gunung Palung terletak di Kabupaten Ketapang dan merupakan salah satu taman nasional terbesar di Kalimantan Barat. Taman nasional ini memiliki berbagai macam flora dan fauna yang dilindungi, termasuk orangutan, harimau, dan burung-burung eksotis. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas hiking di sini.

3. Danau Sentarum

Danau Sentarum adalah danau terbesar di Kalimantan Barat. Terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, danau ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Pengunjung bisa menikmati keindahan danau dengan berkeliling menggunakan perahu tradisional.

4. Air Terjun Jangkar

Air Terjun Jangkar terletak di Kabupaten Sanggau dan merupakan salah satu air terjun terindah di Kalimantan Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan dikelilingi oleh hutan yang hijau dan segar.

5. Pantai Siantan

Pantai Siantan terletak di Kabupaten Pontianak dan merupakan salah satu pantai terpopuler di Kalimantan Barat. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pengunjung bisa berenang, berjemur, dan menikmati keindahan sunset di sini.

Wisata Lainnya:  Wisata Jatinegara Tegal - Menikmati Wisata Alam di Tengah Kota

6. Istana Kadriah

Istana Kadriah terletak di Kota Pontianak dan merupakan salah satu bangunan bersejarah yang penting di Kalimantan Barat. Istana ini dibangun pada abad ke-18 dan menjadi rumah bagi Sultan Pontianak. Sekarang, istana ini telah dijadikan museum yang berisi berbagai macam koleksi sejarah.

7. Pulau Kakaban

Pulau Kakaban terletak di Kabupaten Berau dan merupakan salah satu pulau terindah di Kalimantan Barat. Pulau ini terkenal dengan danau ubur-ubur yang unik. Pengunjung bisa berenang dengan ubur-ubur di danau ini dan menikmati keindahan alam yang luar biasa.

8. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa terletak di Kabupaten Pontianak dan merupakan simbol dari garis khatulistiwa yang melintasi Kalimantan Barat. Tugu ini memiliki bentuk yang unik dan menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Kalimantan Barat.

9. Pantai Tanjung Kelumpang

Pantai Tanjung Kelumpang terletak di Kabupaten Mempawah dan memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pantai ini juga terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang masih alami.

10. Masjid Raya Mujahidin

Masjid Raya Mujahidin terletak di Kota Pontianak dan merupakan salah satu masjid terbesar di Kalimantan Barat. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik dan menjadi salah satu tempat wisata religi yang populer di Kalimantan Barat.

11. Air Terjun Sanggau Ledo

Air Terjun Sanggau Ledo terletak di Kabupaten Sanggau dan memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan yang hijau dan segar, membuatnya menjadi tempat wisata yang ideal untuk berlibur bersama keluarga atau teman.

12. Pantai Teluk Batang

Pantai Teluk Batang terletak di Kabupaten Kubu Raya dan memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pantai ini juga terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang masih alami, sehingga pengunjung bisa snorkeling atau diving di sini.

13. Kampung Riam

Kampung Riam terletak di Kabupaten Landak dan merupakan kampung terapung yang unik di Kalimantan Barat. Kampung ini memiliki rumah-rumah tradisional yang terbuat dari kayu dan bambu, serta jembatan-jembatan yang menghubungkan rumah-rumah tersebut.

14. Pantai Tanjung Batu

Pantai Tanjung Batu terletak di Kabupaten Sambas dan memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Pantai ini dikelilingi oleh hutan bakau dan memiliki pasir putih yang lembut serta air laut yang jernih.

Wisata Lainnya:  Wisata Mandalawangi: Menikmati Keindahan Alam yang Menakjubkan

15. Masjid Jami’ Sultan Syarif Abdurrahman

Masjid Jami’ Sultan Syarif Abdurrahman terletak di Kota Pontianak dan merupakan salah satu masjid tertua di Kalimantan Barat. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik dan menjadi salah satu tempat wisata religi yang populer di Kalimantan Barat.

16. Pantai Tanjung Lokang

Pantai Tanjung Lokang terletak di Kabupaten Mempawah dan memiliki pasir putih yang lembut serta air laut yang jernih. Pantai ini juga terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang masih alami, sehingga pengunjung bisa snorkeling atau diving di sini.

17. Pura Tri Dharma Bumi Raya

Pura Tri Dharma Bumi Raya terletak di Kota Pontianak dan merupakan salah satu pura tertua di Kalimantan Barat. Pura ini memiliki arsitektur yang unik dan menjadi salah satu tempat wisata religi yang populer di Kalimantan Barat.

18. Air Terjun Lepo Agung

Air Terjun Lepo Agung terletak di Kabupaten Sanggau dan memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan yang hijau dan segar, membuatnya menjadi tempat wisata yang ideal untuk berlibur bersama keluarga atau teman.

19. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam terletak di Kabupaten Kubu Raya dan memiliki pasir putih yang lembut serta air laut yang jernih. Pantai ini juga terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang masih alami, sehingga pengunjung bisa snorkeling atau diving di sini.

20. Masjid Agung Al-Huda

Masjid Agung Al-Huda terletak di Kota Pontianak dan merupakan salah satu masjid terbesar di Kalimantan Barat. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik dan menjadi salah satu tempat wisata religi yang populer di Kalimantan Barat.

21. Air Terjun Batu Ampar

Air Terjun Batu Ampar terletak di Kabupaten Sintang dan memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan yang hijau dan segar, membuatnya menjadi tempat wisata yang ideal untuk berlibur bersama keluarga atau teman.

22. Pantai Teluk Melano

Pantai Teluk Melano terletak di Kabupaten Bengkayang dan memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Pantai ini dikelilingi oleh hutan bakau dan memiliki pasir putih yang lembut serta air laut yang jernih.

23. Masjid Raya Pontianak

Masjid Raya Pontianak terletak di Kota Pontianak dan merupakan salah satu masjid terbesar di Kalimantan Barat. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik dan menjadi salah satu tempat wisata religi yang populer di Kalimantan Barat.

Wisata Lainnya:  Museum Jogja: Menikmati Keindahan Sejarah dan Budaya di Yogyakarta

24. Air Terjun Kembayan

Air Terjun Kembayan terletak di Kabupaten Kapuas Hulu dan memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan yang hijau dan segar, membuatnya menjadi tempat wisata yang ideal untuk berlibur bersama keluarga atau teman.

25. Pantai Tanjung Selor

Pantai Tanjung Selor terletak di Kabupaten Kubu Raya dan memiliki pasir putih yang lembut serta air laut yang jernih. Pantai ini juga terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang masih alami, sehingga pengunjung bisa snorkeling atau diving di sini.

26. Masjid Raya Darussalam

Masjid Raya Darussalam terletak di Kota Pontianak dan merupakan salah satu masjid terbesar di Kalimantan Barat. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik dan menjadi salah satu tempat wisata religi yang populer di Kalimantan Barat.

27. Air Terjun Lubuk Bintang

Air Terjun Lubuk Bintang terletak di Kabupaten Sintang dan memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan yang hijau dan segar, membuatnya menjadi tempat wisata yang ideal untuk berlibur bersama keluarga atau teman.

28. Pantai Tanjung Riau

Pantai Tanjung Riau terletak di Kabupaten Bengkayang dan memiliki pasir putih yang lembut serta air laut yang jernih. Pantai ini juga terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang masih alami, sehingga pengunjung bisa snorkeling atau diving di sini.

29. Masjid Agung Al Karomah

Masjid Agung Al Karomah terletak di Kota Pontianak dan merupakan salah satu masjid terbesar di Kalimantan Barat. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik dan menjadi salah satu tempat wisata religi yang populer di Kalimantan Barat.

30. Pantai Tanjung Sari

Pantai Tanjung Sari terletak di Kabupaten Bengkayang dan memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Pantai ini dikelilingi oleh hutan bakau dan memiliki pasir putih yang lembut serta air laut yang jernih.

Itulah 30 tempat wisata di Kalimantan Barat yang wajib dikunjungi. Dari pantai-pantai indah hingga wisata budaya, Kalbar memiliki segalanya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan Anda ke Kalbar dan nikmati keindahan alamnya!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *