10 Tempat Wisata di Sumenep yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Sumenep adalah kota kecil yang terletak di ujung timur Pulau Madura. Meskipun tidak sepopuler Bali atau Jogja, Sumenep menyimpan banyak keindahan alam dan budaya yang menarik untuk dijelajahi. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Sumenep yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Lombang

Pantai Lombang adalah salah satu pantai terindah di Sumenep. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan ombak yang tenang. Selain berenang dan berjemur, pengunjung juga bisa menikmati makanan laut segar di warung-warung pinggir pantai.

2. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih adalah bukit yang terletak di desa Jaddih, Sumenep. Dari puncak bukit, pengunjung bisa menikmati panorama hijau perbukitan Madura yang menakjubkan. Bukit Jaddih juga terkenal sebagai tempat untuk menikmati sunrise dan sunset yang indah.

Wisata Lainnya:  Wisata Taman Dayu Terbaru: Tempat Wisata Favorit di Surabaya

3. Pulau Giliyang

Pulau Giliyang adalah pulau kecil yang terletak di sebelah barat Sumenep. Pulau ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang masih alami. Pengunjung bisa melakukan snorkeling atau diving untuk melihat keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang beraneka ragam.

4. Desa Kalianget

Desa Kalianget adalah desa yang terkenal dengan produksi garamnya. Pengunjung bisa melihat proses pembuatan garam dari air laut hingga menjadi garam yang siap dijual. Selain itu, desa Kalianget juga memiliki keindahan alam yang memesona dengan hamparan sawah dan perbukitan.

5. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran adalah taman nasional yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, namun bisa diakses dari Sumenep. Taman nasional ini terkenal dengan savananya yang mirip dengan Afrika. Di sini, pengunjung bisa melihat beragam satwa liar seperti banteng, kerbau, dan rusa.

6. Pantai Talang Siring

Pantai Talang Siring adalah pantai yang terletak di sebelah utara Sumenep. Pantai ini terkenal dengan hamparan pasir putihnya yang luas dan airnya yang jernih. Selain berenang dan berjemur, pengunjung juga bisa menikmati makanan laut segar di warung-warung pinggir pantai.

Wisata Lainnya:  Gili Nanggu: Pesona Tersembunyi Pulau di Lombok

7. Kampung Batik Kamal

Kampung Batik Kamal adalah kampung yang terletak di Kecamatan Kota Sumenep. Kampung ini terkenal dengan produksi batiknya yang unik dan berbeda dengan batik Jawa. Pengunjung bisa melihat proses pembuatan batik dan membeli berbagai produk batik yang dijual di sini.

8. Gunung Klotok

Gunung Klotok adalah gunung yang terletak di Kecamatan Dasuk, Sumenep. Gunung ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih alami. Pengunjung bisa melakukan pendakian untuk mencapai puncak gunung dan menikmati panorama perbukitan Madura yang menakjubkan.

9. Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep adalah masjid yang terletak di pusat kota Sumenep. Masjid ini terkenal dengan arsitekturnya yang indah dan khas Madura. Pengunjung bisa mengunjungi masjid ini untuk beribadah atau hanya sekedar berwisata sejarah.

10. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura adalah air terjun yang terletak di Kabupaten Probolinggo, namun bisa diakses dari Sumenep. Air terjun ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun yang tinggi dan segar di bawahnya.

Wisata Lainnya:  Wisata di Dompu: Menikmati Keindahan Pantai dan Budaya Lombok Timur

Kesimpulan

Itulah 10 tempat wisata di Sumenep yang wajib dikunjungi. Dari pantai, bukit, pulau, desa, taman nasional, hingga air terjun, Sumenep menyimpan banyak keindahan alam dan budaya yang menarik untuk dijelajahi. Jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut saat berkunjung ke Sumenep.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *